Manfaat Getah Pinus Yang Jarang Diketahui




Pinus merupakan sejenis pohon yang banyak tersebar didaerah Jawa dan Sumatera. Pohon yang menjulang tinggi ini memiliki banyak manfaat yang digunakan di bidang kesehatan ataupun untuk diolah menjadi beberapa bahanyang bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Pohon pinus ini banyak tumbuh di pegunungan dengan daerah yang tinggi karena pohon ini dapat tumbuh di tempat yang sejuk dan dingin seperti pegunungan. Karena termasuk salah satu pohon tropis pohon pinus memerlukan tanah yang cukup mengandung unsur hara dan tidak bersifat asam. 

Pohon pinus ini mengeluarkan getah pinus berwarna kuning yang pekat dan juga terasa lengket. Getah pinus terdiri dari bahan kimia yang banyak dan lengkap. Adapun unsur unsur yang terdapat pada getah pinus ini adalah asam terpen dan asam abietic dan mengandung senyawa terpene isomerhidrokarbon tak jenuh.

Selain memberikan kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu didalam tubuh, pinus juga memiliki manfaat sebagai aroma pewangi di bidang kecantikan dan juga kayunya yang di perlukan untuk membuat perabot  rumah tangga.

Apa saja pengolahan getah pinus untuk bidang kesehatan..???

Inilah manfaat getah pinus di bidang kesehatan :

1. Untuk Mengobati Bronchitis

Bronchitis penyakit yang banyak menyerang sistem pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri pada saluran paru paru dan efeknya menjadi peradangan.
Penyakit bronchitis juga memiliki gejala – gejala awal yang menjadi peringatan bagi tubuh diantara gejala awal tersebut ialah Batuk, Demam dan Mudah lelah
Gejala awal dari penyakit ini hampir sama dengan demam biasa jadi perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk di berikan obat yang cocok bagi anda. Dengan menggunakan aroma minyak dari getah pinus dapat membantu anda untuk mengobati penyakit bronchitis.

2. Nyeri otot

Nyeri pada otot bisa diatasi dengan menggunakan getah pinus. Caranya ambil minyak dari getah pinus kemudian di oleskan di seluruh tubuh yang mengalami nyeri. Semua orang dengan berbagai usia pasti pernah merasakan nyeri otot. Nyeri oto merupakan rasa nyeri yang timbul pada bagian otot. Penyebabnya bisa macam – macam yaitu ketegangan pada otot, terlalu banyak aktifitas dan juga cedera yang di alami.

3. Mengandung Vitamin c

Getah pinus juga memiliki kandungan vitamin c yang baik bagi tubuh untuk kesehatan. Keperluan tubuh akan vitamin c sangat di perlukan untuk mencegah sariawan dan difesiensi akibat kekurangan vitamin c bagi tubuh. 



Sebagaimana diketahui bahwa vitamin c mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai salah satu penangkal radikal bebas yang bekerja di dalam tubuh untuk melawan masalah seputar kesehatan kulit seperti kelembapan kulit, penuaan dini dan munculnya garis senyum di sekitar bibir dan mata.

4. Untuk Meredakan stress
Stress dapat mengganggu proses metabolisme tubuh sehingga tidak bekerja sebagai mana mestinya. Dan untuk kesehatan kulit stress dalam jangka panjang dapat menimbulkan jerawat. 
Untuk meredakan stres anda dapat menggunakan aroma terapi dari getah pinus yang anda hirup perlahan – lahan untuk meredakan stress.

Itulah beberapa manfaat Getah Pinus unruk kesehatan, selain untuk kesehatan. 

Beberapa maafat Getah Pinus untuk kegiatan industry. 

Diantaranya :

Manfaat Getah Pinus di Industri


1.Bahan Cat

Untuk bidang industri sebagai salah satu penghasil getah pinus adalah di manfaatkan untuk membuat cat. Cat berfungsi untuk memberi warna bagi suatu bidang yang kosong. Cat dari getah pinus memiliki perbedaan dari cat yang lain karena getah pinus terbuat dari bahan yang alami.

2. Sebagai Pelapis Ban

Manfaat untuk getah pinus yang lain adalah sebagai pelapis ban. Di dunia otomotif getah pinus yang diambil langsung dari pohonnya ini di produksi sebagai pelapis ban bagian luar. Pelapis ban berfungsi untuk melindungi ban saat berjalan agar tidak bocor.

3. Bahan Baku Tinta

Tinta yang di gunakan di pena sebagai salah satu alat menulis dan mencatat ini ternyata juga di produksi menggunakan getah pinus. Di pabrik getah ini di olah sedemikian rupa sehingga dapat di manfaat sebagai tinta baik itu tinta pena maupun tinta spidol.

4. Bahan Plastik

Plastik yang terbuat dari getah pinus yang pasti bersifat alami. Karena alami plastik ini ramah lingkungan. Anda menggunakan plastik untuk membungkus suatu makanan. 

5. Sabun

Sebagai bahan baku pembuatan sabun. Sabun pembersih banyak menggunakan getah pinus karena hasilnya yang baik dan membersihkan suatu benda yang kotor.

6. Semir sepatu

Semir sepatu ada yang bewarna hitam dan coklat. Biasanya semir sepatu di sesuaikan dengan warna sepatu yang ingin di semir. Semir sepatu membuat tampilan sepatu yang lama berasa seperti baru kembali. Dan menjadi lebih segar untuk di pandang meski sepatu tidak masuk sebagai salah satu perhatian yang harus diperhatikan di setiap penampilan.

Manfaat yang dapat di ambil dari getah pinus ini adalah sebagai semir sepatu yang bermanfaat seperti semir sepatu lainnya dalam menjaga penampilan sepatu seperti masih baru kembali.

7. Lem

Untuk merekatkan dua kertas yang terpisan kita bisa menggunakan lem. Banyak bahan baku yang dapat di olah untuk di jadikan sebagai lem. Salah satunya dari bahan baku tersebut adalah getah pinus. Getah pinus ini berfungsi sebagai lem yang di olah sebelumnya di pabrik agar dapat menjadi lem yang sempurna.

Lem dari getah pinus ini alami dan berwarna bening sepeti getah pinus. Hanya ada beberapa langkah langkah untuk mengolah lem dari getah pinus ini agar dapat merekat sempurna. Jadi itulah manfaat yang di dapat dari getah pinus untuk manfaat di bidang industri dalam kehidupan sehari – hari. *(diolah dari berbagai sumber)

0 Viewers



Related

Peristiwa 7331882454726718880

Ikuti Kami

Berita Teratas

Total Tayangan Halaman

item