Suran Agung, Polisi dan Pesilat Siap Jaga Madiun Damai Kondusif

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono bersama ketua perguruan silat komitmen ciptakan Suro yang aman dan damai 

infomadiunraya.com, MADIUN – Jelang Suran Agung Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda yang akan digelar Minggu (15/9/2019), Polres Madiun memantabkan komitmen bersama 14 perguruan silat untuk menjaga situasi Madiun yang damai dan kondusif.

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono dalam forum diskusi bertajuk Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Joglo Mapolres Madiun, Rabu (15/9/2019) malam, mengatakan peringatan Satu Suro dan Suran Agung adalah agenda tahunan yang harus terjamin keamanannya.

Diskusi difokuskan pada evaluasi peringatan Satu Suro dan kesiapan menghadapi Suran Agung. Melalui forum ini diharapkan tersampaikan pesan ke bawah, bahwa Polres Madiun dan seluruh perguruan silat berkomitmen mewujudkan Suro yang aman dan damai seperti yang diikrarkan pada waktu deklarasi damai beberapa waktu lalu.

"Intinya kita sepakat untuk wujudkan Suran Agung yang aman dan kondusif. Saling membantu, kerjasama dan saling mensuport satu sama lain," kata Kapolres.
AKBP Ruruh menjelaskan, untuk pengamanan Suran Agung tidak jauh beda dengan Satu Suro. Warga yang akan menghadiri Suran Agung dihimbau untuk menggunakan kendaraan roda 4.

"Sudah kita bicarakan dengan seluruh Kades, Lurah maupun Camat. Apabila kekurangan mereka siap membantu menyediakan. Dan akan kita kawal dari titik berangkat sampai kembali," ujarnya.

Ruruh mengatakan, pesilat yang akan mengikuti Suran Agung yang berasal dari wilayah Madiun diperkirakan mencapai 8 ribu orang.

Sementara, terkait masuknya massa dari luar Madiun, AKBP Ruruh mengaku sudah berkoordinasi dengan Kapolres daerah lain. Zona jamnya pun sudah dibagi dan di daerah perbatasan tetap akan ada anggota yang standby untuk memastikan peserta menggunakan kendaraan roda 4.

"Jika ada yang masih menggunakan sepeda motor akan kita himbau untuk kembali tetapi tetap kita siapkan roda 4, nanti akan kita bantu antarkan sampai tujuan," tambahnya.

Ruruh berharap, warga yang akan menghadiri Suran Agung tanggal 15 September 2019 nanti berangkat dari wilayah masing-masing secara bersama-sama. Polisi akan melakukan pengawalan hingga ke tujuan.

"Targetnya zero accident, kalaupun ada sedikit permasalahan bisa cepat terselesaikan, dan jangan mudah mudah terprovokasi. Ketika suro aman itu adalah hasil kerja bersama, bukan hanya polisi," ujarnya. (ant/IMR) 
0 Viewers



Related

Ragam Budaya 4414531909758576385

Ikuti Kami

Berita Teratas

video Viral

Total Tayangan Halaman

Side Ads

loading...
loading...
item