BNNP Jatim Cek Kesiapan RS Haji Ibrahim Dirikan Panti Rehabilitasi Korban Narkoba


infomadiunraya.com, MADIUN – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk melakukan visitasi ke rumah sakit Haji Ibrahim di Jalan raya Tiron, Kecamatan Nglames, Kabupaten Madiun, Rabu (16/10/2019).

Visitasi yang diinisiasi oleh Yayasan Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Madiun ini adalah untuk mengecek kesiapan rumah sakit Haji Ibrahim yang diwacanakan memiliki panti rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba yang pertama di Kabupaten Madiun.

"Tujuan yang paling utama kami adalah untuk memberikan informasi petunjuk bagaimana membentuk lembaga rehabilitasi. Jadi masih rencana pembentukan tempat rehab bagi korban penyalahgunaan narkoba di rumah sakit Haji Ibrahim ini," kata Staff Rehabilitasi BNNP Jatim D. Eko Cahyono.
Eko menjelaskan, ada beberapa poin penting yang menjadi syarat utama untuk mendirikan panti rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba. Di antaranya; Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana dan pembentukan IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor).

Menurut Eko, secara sarana dan prasarana rumah sakit Haji Ibrahim sudah layak. Namun, ada beberapa poin yang wajib dilengkapi. Dan setelah seluruh persyaratan terpenuhi, maka rumah sakit ini akan resmi memiliki panti rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba dibawah naungan kementerian kesehatan.

"Secara sarana dan prasarana memang sudah (layak.red), cuma tinggal menyiapkan SDM (aksesor, konselor, dokter) dan IPWL saja," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris GMDM Kabupaten Madiun Fahkrur Rozi menilai bahwa hal tersebut wajar. Mengingat hal ini baru pertama kali dilakukan, jadi perlu adanya perbaikan.
Fahkrur optimis, faktor kesamaan misi dan backround untuk menyelamatkan generasi dari bahaya narkoba akan membuat sakit Haji Ibrahim memenuhi persyaratan untuk mendirikan panti rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.

"Misi dan backround kita sama untuk berinisasi di Inpres Nomor 6 tahun 2018 dan UU nomor 35 tentang narkotika, pemerintah dan masyarakat harus bahu membahu menyelamatkan generasi," ungkapnya. (ant/IMR)

0 Viewers



Related

Peristiwa 1064161749920652008

Ikuti Kami

Berita Teratas

video Viral

Total Tayangan Halaman

item