Luar Biasa, Siswa SMAN 1 Ngrambe Bisa Servis Elektronik, Instalasi Listrik, CCTV dan Running Text

Siswa SMAN 1 Ngrambe sedang praktek instalasi CCTV.

infomadiunraya.com, NGAWI
–  Sebagai sekolah yang dipercaya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan program Double Track, SMAN 1 Ngrambe memiliki keunggulan tersendiri. 

Saat ini, sekolah yang secara geografis letaknya berada di sabuk gunung Lawu ini memiliki program unggulan yakni teknik listrik dan teknik elektro. Keduanya merupakan bagian dari program Double Track yang dilaksanakan di SMAN 1 Ngrambe sejak dua tahun lalu. 

Untuk teknik listrik, para siswa diajari memasang instalasi listrik rumah, cara menyambung kabel yang baik dan benar, serta cara memasang kamera pengawas (CCTV). Materi yang diberikan bukan hanya secara teori, tetapi siswa diajak praktek langsung untuk instalasi listrik dan CCTV di sekolah, instansi maupun rumah warga masyarakat. 

Sedangkan untuk program teknik elektro, materi yang diberikan berupa perakitan dan perbaikan alat-alat elektronik serta pelatihan pemrograman Running Text. 

Pelatihan pemrograman Running Text.

Salah seorang siswa mengaku berkat mengikuti ketrampilan ini dirinya dipercaya untuk memperbaiki alat-alat elektronik milik tetangganya. Hasil usaha tersebut diakuinya sangat membantu ekonomi keluarga terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Pada masa pandemi ini saya menerima job memperbaiki alat-alat elektronik dari tetangga dan itu bisa membantu keuangan keluarga saya," katanya. 

Link Video :



Kepala SMAN 1 Ngrambe, Tjahjono Widijanto mengatakan, program Double Track di sekolah yang ia nahkodai tersebut telah berjalan selama dua tahun. Dan saat ini memasuki tahun ketiga.

Tjahjono menjelaskan, Double Track adalah program Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan ITS. Tujuan utama program Double Track adalah memberi bekal keterampilan pada siswa sehingga memiliki keahlian dan keterampilan tertentu. Terutama pada siswa yang tidak melanjutkan kuliah karena faktor teknis misalnya ekonomi. 

"Seleksi sekolah penerima program Double Track langsung dilakukan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur dengan beberapa syarat dan tahapan," imbuhnya. 

Menurut Tjahjono, program Double Track ini merupakan berkah yang luar biasa bagi sekolah yang dipimpinnya. Mengingat posisi geografis SMAN 1 Ngrambe berada di sabuk gunung dan masih banyak siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Sehingga keterampilan yang didapat bisa menjadi bekal hidup di masyarakat. 

"Terimakasih kepada Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur yang telah mengijinkan SMAN 1 Ngrambe mengikuti program Double Track," ungkapnya. 

Selain teknik listrik dan elektro, di SMAN 1 Ngrambe juga memiliki program unggulan lain yang juga merupakan bagian dari program Double Track. Diantaranya kecantikan, tata busana/pakaian, boga makanan, dan boga bakery. Bahkan, SMAN 1 Ngrambe pernah meraih juara 1 siswa bidang tata kecantikan/tata rias se-Jawa Timur. (ant/red)





Related

Peristiwa 4163757756224531676

Ikuti Kami

Berita Teratas

Total Tayangan Halaman

item