Satlantas Polres Madiun Angkat 66 Yatim Piatu Jadi Anak Asuh


infomadiunraya.com, MADIUN
-  Memperingati Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara yang ke 66, Satlantas Polres Madiun mengangkat anak yatim piatu menjadi anak asuh melalui program "Satu Polantas Satu Anak Yatim Piatu" atau disingkat "Sapa Saya". 

Program "Sapa Saya" merupakan bentuk kepedulian Polantas terhadap anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena terpapar Covid-19. 

Program ini dilaunching di Joglo Mapolres Madiun oleh Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan, dihadiri Bupati Madiun Ahmad Dawami, Kasat Lantas AKP Firman Widyaputra dan para PJU Polres Madiun, serta anak yatim piatu korban terdampak covid-19. 
Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan, ada 66 anak yatim piatu yang diangkat menjadi anak asuh anggota Polres Madiun. Seluruhnya merupakan anak dari warga Kabupaten Madiun yang orang tuanya meninggal akibat pandemi. 

Kapolres menambahkan, selama pandemi pihaknya berkolaborasi dengan Pemkab Madiun sudah menangani sedikitnya 283 anak korban covid-19 dan sudah diakomodir oleh Pemkab. 

"Tanggungjawab moralnya, ketika sudah menjadi orang tua asuh ya harus memperhatikan anak asuhnya, setiap bulan harus berinteraksi dengan anak-anak kita itu," pesan Kapolres usai melaunching program "Sapa Saya" di Joglo Mapolres Madiun, Jum'at (17/9/2021). 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra menambahkan, agar event ini tidak hanya berlangsung sekali dan tidak berjalan ke depannya, pihaknya sengaja menggandeng Bank BRI untuk membuatkan buku tabungan dan ATM untuk para anak asuh. 

Setiap bulan, anggota Satlantas Polres Madiun selaku orang tua asuh wajib mengirimkan uang ke rekening anak asuhnya, sesuai kemampuan masing-masing, karena setiap orang kemampuannya berbeda-beda. 

Selain itu, orang tua asuh harus berinteraksi dengan anak asuhnya. Minimal setiap bulan menyapa, menanyakan kabar, serta menanyakan apa yang dibutuhkan. Jadi, tidak hanya bantuan materiil tetapi juga bantuan moril. 

"Selain program Tali Asih ini, kami juga ada Trauma Healing untuk menghibur anak yatim. Anak-anak yatim piatu ini menyaksikan penampilan badut sambil makan makanan ringan. Harapannya semoga bisa terangkat sedikit penderitaannya," pungkas Kasat Lantas. 

Dalam peringatan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara yang ke 66 di joglo Mapolres Madiun ini juga dilakukan pembagian bantuan sosial dan vaksinasi. (ant/IMR)

   

Berita Terkait

Peristiwa 4656463673985251250

Berita Terbaru

item