Trik Jitu Kang Giri Sulap Gunung Sampah Jadi Briket Bernilai Jual Tinggi


infomadiunraya.com, Ponorogo -
Atasi gunungan sampah, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Kang Giri) mengandeng para pemuda kreatif di daerahnya turut berkreatifitas dan berinovasi mengolah sampah menjadi sumber ekonomi yang bernilai jual.

Trik yang dipakai Kang Giri untuk menyikapi gunung sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican Jenangan, yakni dengan mengolahnya menjadi briket.

Menurut Kang Giri, briket selain bernilai ekonomis jugu dinilai mampu mengurangi volume sampah di TPA Mrican yang kian hari kian menggunung.

"Pertama kami mencoba berpikir dengan anak-anak muda agar sampah yang awalnya sumber masalah dapat berubah menjadi berkah. Salah satunya dengan mengolah sampah menjadi briket, "kata Kang Giri, Senin (13/9/2021).

Kang Giri menjelaskan dalam pengolahan sampah menjadi briket pihaknya menggunakan mesin yang setiap satu mesin dapat mengolah 30 ton sampah perhari.

"Satu mesin dapat mengolah sekitar 30 ton, dari 4,5 ton sampah dapat dijadikan 1,5 ton briket, kan lumayan. Insyaallah dengan demikian Ponorogo akan zero waste (bebas sampah), "jelasnya. (*IMR/gw)

   

Berita Terkait

Ponorogo 8840813406065857591

Berita Terbaru

item