Jelang HUT Ke-76 Provisi Jatim, Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam RMT Ario Soerjo di Magetan


infomadiunraya.com, Magetan -
Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur ke-76, yang akan jatuh tepat pada tanggal 12 Oktober 2021 nanti, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ziarah ke makam Gubernur pertama Jatim, Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo, di Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Minggu (10/10/2021).

Rangkaian ziarah ke makam pahlawan nasional RMT Ario Soerjo atau Gubernur Suryo, diisi dengan penghormatan, pembacaan sejarah singkat, mengheningkan cipta, serta pelatakan karangan bunga dan dirangkai dengan tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Gubernur Khofifah.

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau Gubernur Suryo, merupakan Gubernur pertama Provinsi Jawa Timur setelah Indonesia merdeka 1945.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menuturkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memberikan penghormatan dan menghargai jasa para pahlawannya.

"Gubernur Suryo merupakan pahlawan nasional dan jejak kepemimpinannya harus menjadi teladan anak bangsa. Oleh karena itu, mari kita membangun satu komitmen bahwa ada perjuangan, ada pengorbanan dan itu diteladankan sosok pahlawan kita, "kata Khofifah.

Turut serta dalam ziarah, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, jajaran Forkopimda Provinsi Jatim, Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, para Kepala OPD di lingkungan Provinsi Jatim, Bupati Magetan Suprawoto beserta jajaran Forkopimda Kab. Magetan, serta keluarga dan ahli waris RMTA Soerjo. 

Usai upacara, Gubernur Khofifah memberikan santunan kepada anak yatim dan bantuan kepada masyarakat sekitar. Gubernur Khofifah juga memberikan bingkisan dan tali asih kepada keluarga atau ahli waris RMT Ario Soerjo. (*/IMR/gw)

   

Berita Terkait

Magetan 8988413443063659956

Berita Terbaru

item