Gondol Motor Orang, Tiga Pemuda Asal Magetan Diciduk Polisi

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan memberi nasehat kepada para tersangka untuk tidak mengulangi perbuatannya.

infomadiunraya.com, KOTA MADIUN
- Tiga pemuda asal Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan diciduk aparat Sat Reskrim Polres Madiun Kota. Ketiga pemuda masing-masing berinisial AA (27) DS (23) dan AS (19) tersebut, diringkus polisi di rumahnya pada Jumat (12/11/2021). 

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan di dua TKP berbeda. Lokasi pertama di jalan irigasi Desa Pucangrejo, Sawahan, Madiun pada Rabu (20/11/2021) pukul 17.00 WIB. Sedangkan lokasi kedua di teras gudang beras pinggir jalan raya desa Pule, Sawahan, Madiun pada Minggu (7/11/2021) pukul 16.00 WIB. 

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan saat gelar perkara di Mapolres Kota Madiun, Senin (15/11/2021) menjelaskan, di TKP pertama, tersangka AA dan DS menggasak sepeda motor korban yang sedang diparkir. Motor tersebut ditinggal pemiliknya menggulung selang air di sawah dalam keadaan kunci kontak motor masih tertancap. Dalam aksinya kedua tersangka mengendarai sepeda motor Vixion warna putih. 

"Kedua tersangka ini memang sudah sepakat dan sudah merencanakan untuk mencuri motor. Pelaku melihat sasaran yang saat itu kuncinya masih menancap," terang AKBP Dewa. 
Barang bukti yang berhasil diamankan petugas.

Setelah berhasil menggasak motor korban, pelaku menawarkan motor hasil kejahatannya di Facebook dan dibeli oleh seseorang yang saat ini masih dalam penyelidikan. 

Sementara, di TKP kedua tersangka AA mengajak temannya yang lain yakni AS. Keduanya nekat menggasak sepeda motor Honda Supra X 125 tahun 2007 nopol AE 6007 QD milik Gumbrek, warga Desa Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun pada Minggu (7/11/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Modusnya, kedua tersangka melihat sepeda motor milik korban ditinggal mencari pakan ternak di depan TKP yakni di teras gudang beras pinggir jalan raya Desa Pule, Sawahan, Madiun. Salah seorang pelaku pura-pura berteduh karena saat itu sedang hujan. Seorang pelaku lain duduk di atas motor Vixion yang mereka kendarai sambil mengawasi situasi sekitar. Dirasa aman, pelaku kemudian menggondol sepeda motor milik korban dengan cara didorong. 

"Motor korban berhasil kita amankan bersama satu unit motor Yamaha Vixion warna putih yang dipakai tersangka untuk melakukan tindak kejahatan," jelas AKBP Dewa. 

Kepada petugas, para tersangka mengaku nekat mencuri motor karena terjerat hutang. Akibat perbuatannya, tiga tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara. (ant/IMR)

   

Berita Terkait

Peristiwa 1432831252950031523

Berita Terbaru

item